smansiwalima.sch.id

ICT Workshop di SMAN Siwalima Ambon

  • 14 Feb 2015 09:25

Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan Khsusunya di Maluku pada hari Sabtu 14 Februari 2014 Kreatifitas Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darussalam Ambon (KMFU) bekerja sama dengan SMA Negeri Siwalima Ambon telah melaksanakan kegiatan ICT Workshop bagi seluruh siswa SMA Negeri Siwalima Ambon. Kegiatan dengan tema “Discover a better way of learning” dilaksanakan di Gedung Aula SMA Negeri Siwalima Ambon mulai dari jam 09.00-17.00 WIT yang diakuti oleh 190 Siswa dan Guru pada sekolah tersebut.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan Bapak Zeth Pieter Sinay, S.Pd Selaku penanggung jawab Website sekolah menyampaikan bahwa SMA Negeri Siwalima Ambon telah Memanfaatkan produk dari Google yaitu Google Apps for Education (GAFE) yang merupakan layanan google untuk dunia pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA/MA/SMK dan perguruan tinggi. Selain Email dengan domain sekolah @smasiwalima.sch.id, Drive dan Kalender yang menjadi unggulan dari produk GAFE, ada satu produk yang dapat menunjang kreatifvitas dalam proses pembelajaran yaitu Classroom. Classroom memadukan Google Dokumen, Drive dan Gmail untuk membantu pengajar membuat dan mengatur tugas dengan cepat, memberikan masukan secara efisien, dan berkomunikasi dengan kelas secara mudah.

Kepala Sekolah Ibu Dra. P. Tahapary, M.Si yang merupakan penggagas dari kegiatan tersebut saat menyampaikan sambutanya sesaat sebelum Launching Google apps for Education SMA Negeri Siwalima Ambon sangat mendukung kegiatan tersebut. Ini adalah kegiatan kedua setelah sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan serupa untuk Guru-guru pada tanggal 7 Februari 2015 dan nantinya kegiatan selanjutnya yaitu penerapan Sistem Automasi dan Perpustkaan Digital pada SMA Negeri Siwalima Ambon.

Bapak Haris K. S.Pd, M.Cs selaku pembicara tunggal dan merupakan Koordinator dari TIM Kreatifitas Mahasiswa FKIP Unidar menyampaikan Manfaat dari Gafe Selain Keamanan dan privasi adalah yang utama, guru dan siswa dapat terhubung dari mana saja, Mengumpulkan pelajar, pendidik, dan tim bersama-sama, Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan TI tak terlihat yang langsung berfungsi begitu saja. Alas mengapa harus menggunakan GAFE diantaranya adalah Platform baru interaksi pada proses pembelajaran, Fasilitasi learner-oriented learning, Merintis Multimedia Literacy pada mahasiswa/siswa, Membuka jalan bagi Collaborative Learning, Kemudahan pengecekan otentisitas konten, Memberikan kepastian pemanfaatan Internet secara positif, Solusi yang murah untuk meniadakan kebutuhan server email dan Meniadakan masalah lisensi software.

Kegiatan yang berlangsung dalam 3 sesi diakhiri dengan sesi perlombaan. Dalam sesi perlombaan siswa diwajibkan membuat formulir pendaftaran siswa baru yang dimuat di blog mereka masing-masing serta menambahkan kode kelas  dari guru-guru pada Classroom mereka. 2 peserta diwajibkan mempresentasikan hasil pekerjaan dari kelompok mereka untuk dinilai. Acara ditutup pada pukul 17.00 wit dan dilakukan pembagian sertifikat kepada 17 peserta terbaik dan di tutup dengan Do’a.

Di Provisi Maluku KMFU FKIP Unidar Ambon telah menerapkan Gafe pada 2 Kampus dan 5 Sekolah, Masing-masing adalah Universitas Darussalam Ambon, STIKOM Ambon, SMK Al-Wathan Ambon, MAN 1 Ambon, MAN 2 Ambon, MTs Negeri Tulehu dan SMA Negeri Siwalima Ambon.

Galeri Kegiatan :

– See more at: http://www.kopertis12.or.id/2015/02/16/kmfu-unidar-laksanakan-ict-workshop-di-sman-siwalima-ambon.html#sthash.KcOUL5ND.dpuf