smansiwalima.sch.id

SMAN Siwalima Juarai LCC 4 Pilar

  • 20 Mei 2013 09:50

SMAN Siwalima Ambon berhasil menjuarai Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2013.

Gelar juara tersebut diraih SMAN Siwalima Ambon setelah pada babak final LCC Empat Pilar Kehidupan Berba­ngsa dan Bernegara Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2013 yang dipusatkan di Baileo Siwalima-Ambon, Sabtu (18/5) mengalahkan SMAN 1 Seram Bagian Barat dan SMAN 5 Ambon.

SMAN Siwalima Ambon tampil sebagai juara dengan perolehan nilai 194 disusul SMAN 1 Seram Bagian Barat (169) dan SMA 5 Ambon (139). Hasil itu membawa SMAN Siwalima Ambon akan mewakili Maluku dalam Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat Nasional untuk tahun 2013.

Wakil Ketua MPR Meilany Leimena Suharly dalam sam­butannya menilai, para peser­ta mempunyai potensi dan kemampuan yang luar biasa dalam memahami dalam me­maknai empat pilar kehi­du­pan berbangsa dan berne­gara.

“Saya bangga karena para siswa di Maluku ini mempu­nyai potensi dan kemampuan yang luar biasa dalam mema­hami dan memaknai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Menurutnya, SMAN Siwa­lima Ambon yang berhasil menjuarai LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2013 ternyata pernah meraih juara ketiga LCC Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat Nasional Tahun 2010.

“Ini prestasi yang luar bia­sa, karena DKI Jakarta selama mengikuti LCC ini tidak per­nah mendapatkan hasil yang demikian, tetapi perwakilan siswa dari Maluku mampu meraih prestasi yang sangat baik,” ungkapnya.

Melalui pengamalan nilai-nilai empat pilar ini, Leimena mengharapkan dapat mengu­kuhkan jiwa kebangsaan, nasio­nalisme, dan patriotisme generasi muda untuk semakin mencintai dan bisa memba­ngun negeri di tengah adanya kejadian-kejadian yang “me­ru­sak” nilai – nilai nasiona­lisme.

Ditempat yang sama

Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibaca­kan oleh Sekretaris Daerah Maluku, Ros Far-Far menga­ta­kan, melalui LCC ini diha­rapkan generasi penerus ini mengetahui betapa penting­nya maka empat pilar ini se­hingga dapat mengangkat berbagai keterbelakangan, keterisolasian dan juga ada­nya seks bebas, narkoba yang marak terjadi akhir-kahir ini dikalangan para siswa dan pemuda bangsa yang ber­dampak pada pada generasi tersebut.

“LCC ini akan membentuk budi pekerti siswa, yang dike­nal dengan pendidikan karak­ter untuk membentuk kepri­badian anak yang santun, berahklak dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN Siwalima Ambon, Paula Tahapary saat dikonfir­masi wartawan disela-sela LCC tersebut, terkait dengan prestasi yang diraih siswanya mengatakan, melalui perjua­ngan yang begitu sengit ak­hirnya para siswanya bisa memperoleh hasil yang baik.

“Kedepan kami akan lebih semangat lagi untuk memper­siapkan anak-anak ini untuk nantinya berlomba di tingkat nasional. Kami akan berusaha mengeluarkan seluruh te­naga, materi yang ada pada kami, serta kami optimis akan meraih hasil yang lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelum­nya,” ungkapnya.

Untuk diketahui yang menjadi juri dalam LCC Empat Pilar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Ting­kat Provinsi Maluku yaitu Abdul Hamid Wahid (MPR), Eddy Siregar (MPR) dan Fricean Tutuarima (Do­sen Universitas Pattimura). (Mg-3)

sumber :  www.siwalimanews.com