smansiwalima.sch.id

IHT PENGIMBASAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

  • 29 Des 2012 10:50

SMA Negeri Siwalima merupakan salah satu sekolah di kota Ambon, Provinsi Maluku yang telah ditetapkan sebagai pelaksana Kurikulum 2013 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai tahun pelajaran 2013/2014 di kelas X.

Pembinaan implementasi Kurikulum  2013 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk pelatihan untuk kepala sekolah dan tiga guru sasaran ( Matematika, Sejarah Indonesia, dan Bahasa Indonesia). Dan diikuti dengan pemberian buku guru, buku siswa dan pendampingan, serta pelatihan Kurimulum 2013 oleh diretorat Pembinaan SMA bagi wakil kepala bidang Kurikulum.

Selanjutnya dalam rangka memperjuat implementasi kurikulum 2013, Direktorat Pembinaan SMA juga memprogramkan pengimbasan implementasi kurikulum 2013 untuk semua gru mata pelajaran pelaksana kurikulum 2013, kegiatan tersebut diprogramkan melalui In House Training Pengimbasan Kurikulum 2013.

Sehubungang dengan itu, kegiatan IHT kurikulum 2013 telah dilaksanakan dengan melibatkan semua guru mata pelajaran  dan 4 wakasek kurikulum dari sekolah-sekolah yang diikutkan masing-masing; SMAN 14 Ambon, SMA Kristen Passo Ambon, SMAn 9 Ambon dan SMA Angkasa Ambon.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMAN Siwalima Ambon, Dra P. Tahapary, M.Si, dalam sambutannya ditegaskan bahwa kurikulum 2013 merupakan optimalisasi dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Beliau juga mengatakan bahwa Bantuan Sosial pengimbasan Kurikulum 2013 ini, dapat digunakan untuk melakukan pengimbasan tidak saja kepada sekolah sasaran tetapi dapat menyertakan 4 Wakasek Kurikulum plus 1 Kepala Sekolah bagi sekolah-sekolah yang sebelumnya telah bermitra dengan SMAN Siwalima Ambon.

Kegiatan IHT ini dilaksanakan dua tahap, tahap 1 dimulai dari tanggal 9-10 Desember 2013 dan tahap kedua tanggal 13 Desember 2013

Nara sumber dan Fasilitator dalam IHT ini antara lain

  1. Kabid Dikmen Dikpora (Kebijakan Dinas Pendidikan Tentang Implementasi Kurikulum 2013)
  2. Drs. P. Sapulette, M.Pd (Pembelajaran saintifik dan model-model pembelajaran Kurikulum 2013)
  3. Drs. D. Tondok (Penilaian Autentik dan Laporan Capaian Siswa)
  4. Drs. P. Tahapary, M.Si ( Pengembangan RPP)
  5. Tim Kurikulum SMAN Siwalima (Analisis SKL dan Silabus)

Dalam kegiatan IHT ini peserta diarahkan untuk kerja mandiri di dalam kelompok mata pelajaran dan diakhir kegiatan dilaksanakan presentasi oleh sembilan kelompok mata pelajaran wajib yaitu: Penjas, Senbud, PK, Bahasa Inggris, PKN, Agama, Matematika, Sejarah Indonesia dan Bahawa Indonesia.

Kegiatan IHT ditutup oleh Dra. P. Tahapary, M.Si selaku kepala SMAN Siwalima Ambon, dalam sambuatannya beliau mengharapkan pengetahuan  yang diperoleh dari IHT ini dapat diteruskan kepada teman-teman guru dari sekolah masing-masing. Diakhir acara penutupan, ibu Tahapary memberikan kesempatan bagi perwakilan peserta dari luar SMAN Siwalima untuk memberikan kesan dan pesan. dalam pesan dan kesan ang disampaikan oleh wakil pserta dari SMAN 14 Ambon mengatakan sangat berterima kasih karena telah diikutsertakan dalam kegiatan dimaksud dan sangat berharap kiranya SMAN Siwalima  selalu dan senantiasa bersedia membuka diri untuk membagi pengetahuan dan pengalam tentang kurikulum 2013  kepada sekolah-sekolah yang ada di sekitar  SMAN Siwalima.