smansiwalima.sch.id

Siswa SMA Siwalima Wakili Indonesia

  • 26 Sep 2012 07:50

GAYATRI WAILISSA adalah salah satu contoh siswa berprestasi di SMA Negeri (SMAN) Siwalima, Ambon. Gadis kelahiran 31 Agustus ini, mulai meniti prestasinya sejak di bangku sekolah dasar lewat berbagai kegiatan yang digelutinya.

Prestasinya selama diantaranya pernah menjadi duta bahasa, duta perdamaian dan duta anak dan semua ini tak luput dari dukungan kedua orangtuanya dan para guru serta rekan-rekan seperjuangannya.

Karena berbagai prestasi tersebut, Gayatri yang akrab disapa Yati ini dipercayakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP PA) RI serta Kementerian Sosial RI untuk mengikuti kegiatan Regional Workshop on the Implementation of the Convention on the Rights of the Child, dalam kerangka kerja sama ASEAN di bidang Senior Official Meeting on Social Develoments (SOMSWD).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Bangkok, Thailand pada 24-27 September 2012 mendatang. Pokok bahasan adalah implementasi pemenuhan hak anak di wilayah ASEAN.

Pemerintah Indonesia dalam hal ini akan mengirim 2 pejabat eselon satu dan 2 pejabat eselon dua dari Kementerian PP PA. Dan menurut data dari Kementerian PP PA, anak dari Maluku yaitu Gayatri Wailissa dinyatakan telah memenuhi syarat untuk menjadi anggota Delegasi RI tersebut.

Saat ini, Gayatri aktif dalam kegiatan Forum Anak Provinsi Maluku. Ia juga mengisi waktu luang untuk kegiatan pemenuhan hak anak di lingkungannya. Anak ke 2 dari 3 bersaudara ini mampu menguasai Bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Prancis, Jepang, Italia, Spanyol, Mandarin dan Arab. Pengalaman lainnya, ia pernah mengikuti sosialisasi dan workshop hak anak di tingkat nasional. Penilaian lainnya sehingga ia menjadi delegasi dalam workshop di Bangkok nanti adalah memiliki pandangan yang positif terhadap kebhinekaan Indonesia.

Anak dari pasangan Dedi Darwis dan Nurul Idawati mengaku, meskipun ibunya hanya seorang ibu rumah tangga dan ayahnya pedagang kue, namun ia bisa membuat orangtuanya bangga. “Saya bersyukur memiliki orangtua yang baik hati dan selalu mendukung serta merespon apa yang selama ini saya jalani,”ujarnya saat diwawancarai Koran ini, kemarin.

Ia berharap bisa menyelesaikan sekolah dan mewujudkan cita-citanya menjadi anak yang berguna bagi masyarakat . “Saya ingin membahagiakan ibu dan ayah saya,” ujarnya sendu.